Dongeng Jogja

DINAS Kebudayaan DIY, sedang bikin lomba. Agenda ini, akan ditutup pada akhir bulan ini. Tajuk yang digunakan untuk agenda ini, maaf 🙏, menggelitik untuk sekadar dikomentari.

CIPTA DONGENG 2021

Cipta?

Iya, cipta?

Mboten nopo-nopo toh?

Saya memeriksa App KBBI di hp kesayangan. Paparan di layar begini:

cip.ta

n kemampuan pikiran untuk mengadakan sesuatu yang baru; angan-angan yang kreatif

Saya juga mengasosiasikan kata “cipta” sama seperti baris pertama KBBI di atas: “mengadakan sesuatu yang baru“.

Benarkah demikian?

Bolehkah peserta menciptakan dongeng baru dengan tafsir bebas? Misalnya, saya menulis, “Dongeng Jembatan Layang Janti“.

Saya mengisahkan bahwa pada suatu masa di atas langit Janti, terjadi perang angkasa mirip di film Transformers. Peperangan ini berlangsung bertahun-tahun lamanya.

Untung ada Gatot Kaca. Dia sigap dan berlaku heroik. Dengan otot kabel balung tiang BTS, dia berdiri menangkis jatuhnya benda-benda langit agar para pengendara enggak ketimpuk.

Namun, sekian lama kemudian, apa yang terjadi? Gatot Kaca kehabisan suplai jamu dan pegel. Lebih dari itu, dia seolah jahat mengabaikan panggilan untuk membantu pihak lain yang juga membutuhkan dirinya.

Tak habis akal, Gatot Kaca pun membuat jembatan layang, sebagaimana kita nikmati hari ini. Alhasil, dengan adanya jembatan layang itu, saya dan warga Jogja sebelah timur dan selatan, bisa pulang ke rumah dengan lancar.

Ah, mungkin tafsir saya saja yang lebai. Yang dimaksud dalam narasi lomba ini adalah menuliskan (ulang) dongeng-dongeng yang sudah ada, terutama yang masih berbentuk lisan.

Melalui lomba ini diharapkan dongeng-dongeng yang selama hidup dalam budaya lisan, dapat dialih wahana agar lestari. Bukan membuat yang baru, apalagi yang mengada-ada tanpa dasar.

Ada juga kabar susulan yang unik di media. Dalam rangka lomba yang didukung Danais ini, konon Disbud DIY mengadakan pelatihan menulis dongeng. Digelar 27-28 Mei 2021 di Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

Hiks, pengumuman pelatihan ini di mana?

Baiklah, buat kamu yang baru tahu dan berminat ikut, masih bisa loh. Lomba cipta dongeng ini ditutup 30 Juni 2021. Monggo disimak detail syarat dan ketentuannya di sini.

Sob, ikut aja. Enggak menang enggak apa-apa kok. Yang penting kamu sudah mengambil peran dalam upaya membangun literasi bagi Jogja. Itu mulia banget! 🙏 💙

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *